Buscar

Páginas

Tibumana Waterfal, Air Terjun Kembar Dari Bangli

1. Lokasi


 Tibumana Waterfall terletak di Ds. Susut, Apuan Bangli. Selain terdapat Ds. Penelokan, Gunung Batur, Kintamani, dll, Di perbatasan Gianyar - Bangli terdapat objek wisata yang sayang kalian lewatkan yaitu Tibumana Waterfall, objek wisata hits yang sekarang banyak dikunjungi apalagi dhari libur. 


2. Keunikan 

Tibumana waterfall mempunyai julukan lain yaitu Air terjun kembar, karena ada 2 air terjun yang mengalir deras, menerut penduduk sekitar kadang salah satu air terjun berhenti mengalir kadang juga salah satunya menjadi deras,menurut debit air dan musim.

Disekitar air terjun kalian dapat melihat hijaunya lumut dan pepohonan yang menempel di dinding air terjun. Terdapat goa dibelakang air terjun yang dipercaya jalan pintas menuju Goa Gajah Besakih.dan birunya air yang terdapat di air terjun menandakan dasar air terjun sangat dalam selain itu menurut penduduk sekitar air terjun ini merupakan tempat pemandian secara niskala jadi pengunjung dilarang untuk mandi atau berendam di sepanjang air terjun, kita harus menghormati adat istiadat serta kepercyaan sekitar,  cukup berfoto eksis berlatar air terjun, atau menikmati alamnya sudah sangat merasa senang.

3.Akses Jalan

Dulunya akses jalan menuju air terjun ini sangat sulit, karena memiliki potensi yang besar maka penduduk sekitar bergotong royong membuat akses jalan ke tempat ini. kita bisa melewati tangga kayu yang terjal, tangga dari semen, melewati jalan setapak yang licin, dan terdapat tempat duduk untuk beristirahat di sekitar air terjun. karena di air terjun ini rawan longsor pada musim penghujan, kita diwajibkan untuk behati- hati, selain itu juga jagalah alam dengan tidak membuang sampah sembarangan ya guys













0 komentar: