Buscar

Páginas

Pesona Guyangan Waterfall, Nusa Penida

Apakah sering mendengar kata Guyangan Waterffal di sosmed ,,

Guyangan waterfall ini terlatak di Nusa Penida, Klungkung Bali, 




1. Latar Belakang


Guyangan Waterfall ini  adalah sumber mata air bawah tanah yang digarap oleh PDAM dan DInbas PU yang sudah beroprasi sejak tahun 1995. 




2. Perjalanan Untuk Mencapai Objek Ini


Guyangan waterfall berjarak 25 km dari dermaga Bunyuk / Sampalan, Nusa Penida. Dari Denpasar kita menuju pelabuhan Sanur tiket boat rata2 seharga Rp. 75.000 , jika ingin lebih hemat kita bisa menaiki boat di Pelabuhan Kusamba, Manggis Rp 50.000, atau menaiki kapal roro yang tarifnya Rp. 30.000 / orang, dan membawa motor sendiri ditambahkan Rp.50.000.

karena medan yang kita lewati lumayan terjal,melewati belokan serta naik turunan yang menanjak diharpkan,sewaktu kalian merencar motor mengecek kondisi kendaraan terutama rem. sewa motor biasanya banyak ditawarkan di dermaga rata2 harganya sekitar Rp. 70.000 - 75.000, jangan lupa sebelum berangkat cek kondisi bensin, isi ulanglah bensin karena di sepanjang perjalanan nanti sulit ditemukan dangang bensin.


Sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan pepehonan yang rindang, perumahan penduduk serta suasana alam yang asri.disepanjang jalan terdapat petunjuk menuju lokasi ini dan jika ragu jangan malu bertnya kepada penduduk sekitar, penduduk Nusa Penida ramah2, mereka akan menunjukan jalan.



3. Daya Tarik Guyangan Waterfall



Setelah 1 jam menuju lokasi dengan berkendara dan kita harus melewati perjalanan menuju kebawah dengan berjalan menuruni anak tangga yang terjal,, penduduk sekitar berkata 800 anak tangga, dari sosial media 700 anak tangga dan ada juga yang bilang 900 anak tangga.. jika kalian penasaran hitung aja sendiri ,hee.
Kita turun melewati tanga besi dilanjutan tangga terbuat dr semen dan tangga kayu.... 
Kemiringan anak tangga yang mencapai kemiringan 80 derajat membuat tidak semua orang berani turun ke bawah. Jarak turun ke bawah mata air mencapai 450 meter terdapat pegangan tangan besi kayu disepanjang perjalanan dan di beberapa jalan datar tidak ada pegangan tangan sebagai pengaman.
Disarankan untuk tetap berhati-hati saat melangkah, karena jarak antar tangga tidak begitu rapat.
Disepanjang perjalanan deburan ombak dapat menjadi penyemangat saat melangkah.

Selain itu di guyangan waterfall terdapat Pura yang bernama ''Pura Segara Kidul'' dengan 3 Pelinggih yakni Brahma, Wisnu, Siwa dan merupakan tempat pemujaan tri murti serta kanjeng ratu, menurut penduduk sekitar terdapat tempat pelukatan atau pemandian yang suci,,di area pancuran, Ingat ya guys sudah ada plang dilarang mandi di beberapa titik lokasi sekitar pura,dan ada petunjung tempat yg bisa digunakan untuk mandi. Selain itu jaga kebersihan, jangn buang sampah sembarangan, dan yang paling penting bawa plastik besar yg berfungsi untuk memunguti sampah atau daun disepanjang perjalanan, itu merupakan kegiatan yang mulia.





4. Kesan Mengunjungi Guyangan Waterfall

Jika bernyali besar dan ingin mengerti arti dari perjuangan maka datanglah kesini, tempat yang asik dalam memacu ardenalin, selain itu guyangan waterfall menyajikan pemandangan yang luar biasa sebanding dengan perjuangan untuk mengapainya.


Saya sangat bertrimakasih atas keramahan penduduk Nusa Penida yang memberikan petunjuk jalan di sepanjang perjalanan.

Ini adalah surga tersembunyi dari Nusa penida

Satu kalimat yg membuat saya termotivasi " tak ada yg tidak mungkin di dunia ini,jika ada tekad, yakin dan usaha"




















































0 komentar: