Buscar

Páginas

Cara Menulis Kartu Kedatangan (Singapore)


CARA MENULIS KARTU KEDATANGAN


.
Kartu ini terdiri dari dua bagian yang dapat disobek. Bagian kiri adalah kartu kedatangan (disembarkation card), dan bagian lainnya adalah kartu keberangkatan (embarkation card).








Cara mengisi kartu imigrasi pada halaman bagian kiri sebagai berikut:
Full Name As It Appears In Passport: Isilah nama lengkap sesuai dengan paspor pada kotak-kotak yang tersedia di bawahnya. Isilah dengan HURUF KAPITAL.
Sex: Centang pada kolom male jika laki-laki, atau female jika perempuan.
Passport Number: Isi nomor paspor / Jangan Isi Spasi Misalnya A2345
Place of Issue, Date of Expire, Country Birth: Place of Issue artinya tempat atau kantor yang mengeluarkan paspor anda. Date of expire artinya tanggal habis berlaku paspor, place of birth artinya tempat dikeluarkan paspor tersebut.
Date of Birth: Artinya tempat lahir. Misalkan anda lahir pada tanggal 12 September 1984, maka isi saja dengan format  12 09 1984 pada kotak-kotak yang disediakan.
Nationality: Artinya kebangsaan. Jika Anda adalah orang Indonesia, maka isilah dengan INDONESIAN
Identity Card Number (for Malaysian Only) dan Tick if Malaysian: Kedua bagian ini dibiarkan saja kosong, karena khusus bagi warga Negara Malaysia.
For Official Use Only: Kolom ini jangan diisi.
Selanjutnya cara pengisian kartu pada bagian sebelah kanan sebagai berikut:
Terdapat tulisan Place of Residence, yang artinya adalah tempat tinggal anda. Untuk kolom City isilah dengan nama kota tempat tinggal anda. Kolom State tidak usah diiisi, kolom Country isi dengan menulis INDONESIA.
Last City or Port of Embarkation Before Singapore:  artinya kota terakhir atau tempat transit terkahir sebelum anda sampai di Singapura.
Next City or Port of Disembarkation After Singapore: artinya kota tujuan selanjutnya jika keluar dari Singapura.
Address In Singapore: Artinya alamat tujuan di Singapura. Tulis saja nama hotel, tempat kita akan menginap ataupun institusi yang dituju. PENTING! Biasanya petugas imigrasi akan banyak bertanya jika kita tidak mengisi kolom tersebut.( Hawaii Hostel, 171a Bencoolen Street Singapura 189641 )
Length of Stay: kolom ini tentang lama kita menetap di Singapura. Terdapat dua kolom yang disediakan di samping tulisan days.
Have You Ever Been To Africa or South Africa During The Last Six Days: kolom ini menanyakan apakah kita berkunjung ke Africa ataupun Afrika Selatan kurun waktu 6 hari terakhir. Centang kolom NO, jika tidak.
Have You Ever Used a Passport Under Different Name: Centang saja NO, kecuali kita pernah menggunakan nama yang berbeda saat masuk Singapura. Jika pernah centang YES lalu tuliskan nama tersebut.
Have You Ever Been Prohibted From Entering Singapore: Centang saja NO, kecuali anda pernah dilarang masuk Singapura.
Signature: artinya tanda tangan. Bubuhkan saja tanda tangan pada kolom tersebut.
 
Selanjutnya kita menuju kartu pada bagian kedua;
Full Name As it Appears in Passport/Travel Document: Tulis lagi nama lengkap sesuai paspor dengan HURUF KAPITAL
Nationality: Tulis lagi kebangsaan yaitu INDONESIAN
Identity Card Number (for Malaysian Only): Jangan diisi kecuali warga Negara Malaysia.
For Official Use Only: Jangan diisi.

Setelah kartu diisi lengkap, kartu akan diperiksa oleh petugas imigrasi. Selanjutnya, pihak imigrasi akan menyobek kartu tersebut, mengambil kartu kedatangan, dan menyerahkan sisa potongan kartu yaitu kartu keberangkatan pada kita.
Simpanlah kartu keberangkatan dengan baik, karena harus diserahkan kembali pada saat kita akan meninggalkan Singapura.


0 komentar: